4 Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Melalui Debat Bahasa Inggris

Dokumentasi Pribadi - UHAMKA English Debating Championship 2017

Kalau kamu masih sekolah atau kuliah, pastinya di tempatmu belajar ada komunitas debat Bahasa Inggrisnya dong. Kamu pun bertanya-tanya, haruskah kamu memilih kegiatan debat untuk mengisi waktu luangmu? Daripada bingung, yuk cari tahu apa sih manfaat yang bisa kamu peroleh dari aktifitas debat Bahasa Inggris.

1. Debat Bahasa Inggris Bisa Membuatmu Jadi Open Minded

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan bila bergabung dengan kegiatan debat Bahasa Inggris adalah kamu bisa menjadi orang yang berpikiran terbuka dengan yang namanya ide baru, cara memandang suatu masalah yang berbeda denganmu, dan perbedaan itu membuatmu bisa menerimanya sebagaimana adanya perbedaan itu.

Misalnya, dalam debat Bahasa Inggris, kamu tim pro (government), dan lawanmu tim kontra (opposition). Kalian membahas topik debat mengenai hukuman mati untuk koruptor. Buat kamu yang tim pro, kamu berkeyakinan bahwa hukuman itu adil dan pantas diberikan pada para koruptor. Berbeda dengan tim kontra, mereka berkeyakinan bahwa hukuman mati tidak adil, tidak manusiawi karena melanggar hak asasi manusia dan lebih memilih jalan tengah dengan cara mengambil aset kekayaan si koruptor untuk dikembalikan pada negara.

See? Semakin sering kamu aktif mengikuti kegiatan debat Bahasa Inggris, kamu jadi berpikiran terbuka dengan yang namanya perbedaan. Wanna be an open minded person? Try English Debate. :)


2. Debat Bahasa Inggris Bisa Membuatmu Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

Debat Bahasa Inggris mengharuskanmu untuk menyampaikan argumen di depan umum. Aktifitas ini bisa membantumu melatih kepercayaan diri lho. Semakin sering kamu aktif dalam kegiatan debat, semakin banyak kesempatanmu berlatih berbicara di depan umum yang pada akhirnya bisa membiasakanmu untuk percaya diri saat berbicara di depan umum.


3. Debat Bahasa Inggris Bisa Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

Dalam debat Bahasa Inggris, kamu akan membaca berita berbahasa inggris, menulis argumen, mendengarkan argumen lawan, dan menyampaikan argumenmu dalam Bahasa Inggris. Kemampuan reading, listening, speaking, dan writing dilatih dalam debat Bahasa Inggris. Oleh karenanya, aktifitas ini bisa banget dijadikan metode untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu lho.


4. Debat Bahasa Inggris Bisa Membantumu Dalam Mengambil Keputusan Yang Tepat

Disadari atau tidak, salah satu kemampuan yang bisa kamu peroleh dari aktifitas debat adalah kemampuan berpikir kritis untuk mengambil sebuah keputusan. Setiap saat, kamu selalu diharuskan membuat keputusan, mulai hal sesimpel mau makan malam apa, menulis artikel apa, atau bahkan hal kompleks seperti membuat keputusan dalam memilih kebijakan publik yang memberikan manfaat untuk rakyat. Apapun bentuk keputusannya, aktifitas ini memberikanmu kesempatan untuk melatih pikiranmu untuk memikirkan keputusan yang tidak hanya cepat namun juga tepat karena dilandasi argumentasi yang rasional


Itu dia 4 manfaat yang bisa kamu peroleh dari aktifitas debat Bahasa Inggris. Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan debat Bahasa Inggris? Manfaat apa yang kamu dapatkan dari aktifitas ini? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar. :)

No comments

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.