No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Diundang Teman-teman Komunitas Diskusi Ulul al-Bab Institute Menjadi Pemateri Bahasa Inggris; How To Express Your Opinion In A Group Discussion

Diundang Teman-teman Komunitas Diskusi Ulul al-Bab Institute Menjadi Pemateri Bahasa Inggris; How To Express Your Opinion In A Group Discussion


Tulisan Ekslusif DBP: Mau beli hp Samsung Galaxy M30s? Baca Dulu Ulasannya di DBP

Ceritanya, minggu kemarin, tepatnya hari rabu, tanggal 9 november saya pulang ke Serang, Banten. Selama di rumah, saya menghabiskan waktu bersama keluarga. Di hari itu, saya mendapatkan undangan dari adik-adik pengurus himpunan mahasiswa bahasa Inggris; English Student Association untuk menghadiri acara upgrading mereka. Jadi, esoknya, kamis, 10 november 2016, saya berangkat ke Jakarta lagi untuk memenuhi undangan mereka. Oh well, saya berangkat jam 1 siang dan baru sampai jakarta jam 8 malam, saya heran, kenapa jarak tempuhnya semakin lama saja, padahal dulu cukup 3 jam. Meski lelah, tapi saya sudah meniatkan diri untuk memenuhi undangan dari adik-adik ESA UHAMKA. 😊

Upgrading ESA UHAMKA 2016-2017 - ESA UHAMKA
Setelah saya menghadiri acara upgrading yang diadakan oleh adik-adik ESA UHAMKA, barulah saya bertemu dengan salah satu teman dari komunitas diskusi Ulul al-Bab, namanya Tulus. Ia mengundang saya untuk mengisi materi diskusi bahasa Inggris.

Awalnya, ketika saya tanya mengenai materi apa yang ia inginkan, dia menginginkan saya mengajari teman-teman materi grammar. Namun, saya pikir, belajar tata bahasa Inggris di malam hari tidak begitu efektif.

Alasan pertama, kalau kamu ingin mempelajari materi tata bahasa, kamu membutuhkan konsentrasi lebih untuk memahami logika cara kerja tata bahasa Inggris dan ini berbenturan dengan kondisi fisik yang sudah ingin sesegera mungkin pulang ke rumah dan tidur di kamar. Haha :). Belajar grammar itu lebih enak kalau kita masih fresh, biasanya di pagi hari atau bisa juga sore hari, kalau siang dan malam, bawaannya ngantuk dan ingin tidur aja yang lama. Hehe :)

Alasan kedua, kalau kamu memang tidak mengambil jurusan program studi bahasa Inggris, saya rasa, menguasai keahlian komunikasi lebih rasional dibandingkan menguasai grammar yang seringnya diterapkan dalam kemampuan menulis, seperti yang kita ketahui, pembelajar bahasa yang baru memulai belajar bahasa, lebih mudah menguasai kemampuan listening, speaking, dan reading sedangkan grammar dan writing bisa dipelajari begitu ketiga skills sebelumnya sudah dikuasai.

Jadi, saya mengusulkan untuk memberi materi komunikasi (speaking) dengan tema: "Bagaimana cara menyampaikan pendapat dalam grup diskusi". Saya memilih materi itu karena saya tahu teman-teman komunitas ini passion banget dengan diskusi.

Sebelum melanjutkan cerita ini, saya ingin mengenalkan komunitas ini dulu pada teman-teman pembaca. Penjelasan mudahnya, Komunitas Ulul al-Bab Institute ini adalah komunitas diskusi yang diinisiasi oleh mahasiswa uhamka, peserta diskusinya dari lintas program studi, setiap peserta juga diberi kesempatan untuk menjadi pemateri supaya bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman di komunitas sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Setiap seminggu sekali, seusai isya, komunitas ini mengadakan diskusi rutin, pembahasannya bisa mengenai isu kekinian, kajian buku, atau berbagi ilmu sesuai dengan disiplin ilmu yang menjadi spesialisasi masing-masing anggota komunitas. Satu lagi, pemateri dalam diskusi ini sistemnya sukarela loh, jadi buat kamu yang emang punya jiwa sosial untuk berbagi dengan sesama, kamu bisa berkontribusi melalui komunitas sejenis ini.

Baiklah, kini, kamu sudah mengenal komunitas ini seperti apa. Jadi, saya akan melanjutkan ceritanya. Teman-teman dari komunitas ini juga ingin mengundang saya sebagai pemateri tetap untuk mengisi diskusi setiap dua minggu sekali. Saya menyanggupinya, selagi saya sedang senggang dan tidak sakit, saya akan mengusahakan untuk datang dan mengisi kajian materi bahasa Inggris di komunitas ini.

Pertemuan pertama, harusnya pesertanya bisa 5 - 7 orang tapi karena teman-teman yang lain sedang ada agenda, jadi hanya ada 3 orang saja, well, it's okay. Teman-teman komunitas ini pastinya sudah pernah belajar bahasa Inggris selama di sekolah dan kuliah, hanya saja belum begitu diseriusi sehingga kosakata yang seharusnya bisa digunakan untuk ngobrol banyak yang lupa. Itu berarti, saya harus membuat mereka terbiasa dulu mengucapkan dan mendengarkan kalimat-kalimat bahasa Inggris, nantinya, semakin sering mereka belajar, saya harap teman-teman komunitas ini bisa menjadikan bahasa Inggris menjadi percakapan keseharian dalam diskusi.

Selesai diskusi, saya juga akan menulis materinya di blog, sehingga teman-teman komunitas bisa mengakses materinya kembali. Selain itu juga, saya akan memberi ulasan atau review perkembangan belajar mereka melalui artikel ini.

How To Express Your Opinion In A Group Discussion

1. Cara mengungkapkan pendapat pribadi dalam diskusi

- I Think . . .
- In my opinion . . .
- In my view . . .
- I believe that . . .
- I strongly believe that . . .
- I'd like to point out that . . .

Pendalaman materi

Kalau kamu ingin menyampaikan pendapat personalmu dalam forum diskusi, kamu bisa menggunakan enam kalimat diatas, misalnya: I think . . . -- Maksud dari penulisan tiga titik setelah kalimat itu simpelnya, kamu bisa memasukkan pendapatmu setelah kata "I think", begini contoh kalimatnya:

I Think college students should more actively involved in a group discussion in order to improve their critical thinking skill - Saya pikir mahasiswa itu seharusnya lebih aktif lagi terlibat dalam forum diskusi supaya ia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.

Selain I think, kamu juga bisa menggunakan In my opinion, in my view, I belived that, tambahkan saja pendapatmu setelah kalimat itu, mudah, bukan?

Kalau kamu lupa dengan arti dari tiap kalimat dalam bahasa Indonesianya, saya tuliskan kembali melalui artikel ini, supaya kamu bisa lebih memahaminya lagi, silahkan cek dibawah ini terjemahannya ya:

- I Think . . . - Saya pikir . . .
- In my opinion . . . - Menurut pendapat saya . . .
- In my view . . . - Menurut pandangan saya . . .
- I believe that . . . - Saya percaya bahwa . . .
- I strongly believe that . . . - Saya benar-benar meyakini bahwa . . .
- I'd like to point out that . . . - Saya ingin menekankan bahwa . . .


2. Cara menyetujui pendapat orang lain dalam diskusi

- I must admit that . . .
- I agree with you . . .
- I totally agree . . .
- That just what I was thinking.
- That's a good point of view . . .

Pendalaman Materi

Kalimat ini bisa kamu gunakan kalau diskusinya sudah dimulai, pembahasan materi diskusinya juga sudah selesai dan sampai pada sesi mengungkapkan pendapat, begitu temanmu menyampaikan pendapat personalnya terkait materi diskusi, kalau kamu setuju, kamu bisa menggunakan kalimat diatas untuk mengungkapkan bahwa kamu sependapat dengannya.

Lagi, saya akan memberikan contoh penggunaan kalimat yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan bahwa kamu setuju dan sependapat dengan temanmu.

I agree with you because joining organization will foster college students skill for instance, leadership, time managements, and solving problem skills. - Saya sependapat denganmu karena bergabung dengan organisasi bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa seperti kemampuan dalam memimpin, mengatur waktu, dan menyelesaikan masalah.

Kalau kamu lupa dengan arti dari tiap kalimat dalam bahasa Indonesianya, saya tuliskan kembali melalui artikel ini, supaya kamu bisa lebih memahaminya lagi, silahkan cek dibawah ini terjemahannya ya:

- I must admit that . . . - Saya harus mengakuinya bahwa . . .
- I agree with you . . . - Saya sependapat denganmu . . .
- I totally agree . . . - Saya benar-benar setuju . . .
- That just what I was thinking. - Pendapat itu sama seperti apa yang saya pikirkan.
- That's a good point of view . . . - Pendapat yang bagus . . .


3. Cara menyatakan ketidaksetujuan kita dengan pendapat orang lain dalam diskusi

- I don't agree with you . . .
- I disagree with your opinion . . .
- That's not entirely true . . .
- I don't agree at all.

Pendalaman materi

Sama seperti kalimat sebelumnya, kalimat diatas bisa kamu gunakan begitu temanmu sudah mengungkapkan pendapatnya, disini, kalau kamu tidak sependapat dengan temanmu, kamu bisa menggunakan kalimat diatas untuk menyatakan ketidaksetujuanmu padanya.

Supaya memudahkanmu, saya akan memberikan contoh kalimat yang bisa kamu gunakan kalau kamu tidak setuju dengan pendapat temanmu.

I disagree with your opinion because if we have higher GPA, we can get a better job. - Saya tidak sependapat denganmu karena jika kita memiliki IPK yang tinggi, kita bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus.

Kalau kamu lupa dengan arti dari tiap kalimat dalam bahasa Indonesianya, saya tuliskan kembali melalui artikel ini, supaya kamu bisa lebih memahaminya lagi, silahkan cek dibawah ini terjemahannya ya:

- I don't agree with you . . . - Saya tidak setuju denganmu . . .
- I disagree with your opinion . . . - Saya tidak sependapat denganmu . . .
- That's not entirely true . . . - Itu tidak sepenuhnya benar . . .
- I don't agree at all. - Saya tidak setuju sama sekali.


Review pembelajaran dan perkembangan bahasa Inggris teman-teman komunitas

Diundang Teman-teman Komunitas Diskusi Ulul al-Bab Institute Menjadi Pemateri Bahasa Inggris; How To Express Your Opinion In A Group Discussion
Kak soleh mana ya? Oh iya, ka soleh yang ambil gambar, pantes gak ada. Hehe :)


Kak Soleh, Yasir, dan Lilif:

Things to improve

Things to improve adalah rubrik yang harus kamu tingkatkan, melalui rubrik ini, kamu dapat mengetahui poin mana yang bisa kamu tingkatkan lagi supaya kemampuan bahasa Inggrismu bisa naik level sesuai dengan materi yang dipelajari dalam tiap pertemuan.

1. Teman-teman komunitas awalnya belum mengenal sama sekali kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan pendapat dalam bahasa Inggris.

Saran: Kamu bisa mengulang membaca materi yang ada di artikel ini supaya materi yang sudah dipelajari dalam kajian diskusi kemarin bisa menjadi milikmu seutuhnya, eaaa. :)

2. Teman-teman komunitas masih harus membiasakan diri mendengar dan mengucapkan kalimat bahasa Inggris.

Saran: Kamu bisa sering-sering mendengarkan dialog percakapan bahasa Inggris, bisa materinya sama dengan kajian kemarin (baca: mengungkapkan pendapat dalam diskusi) atau materi lainnya, kenapa kamu harus sering-sering mendengar percakapan bahasa Inggris? Jawaban mudahnya, dalam mempelajari bahasa asing, kamu membutuhkan exposure atau input yang bisa kamu serap, secara linguistik, dalam otak sedang terjadi proses penyerapan kosakata bahasa asing dan prosesnya tidak kamu sadari, jadi, sering-sering mendengarkan percakapan bahasa Inggris ya supaya kamu terbiasa dengan bahasa ini. Manfaat lainnya adalah: kamu akan lebih terbiasa untuk memahami lebih cepat maksud dari lawan bicaramu ketika mereka mengajak kamu ngobrol dengan bahasa Inggris. Tidak hanya mendengarkan, kamu juga harus membiasakan berlatih mengucapkan kalimat bahasa Inggris, untuk permulaan, kamu bisa berlatih dengan materi di artikel ini, kalau materi di artikel ini sudah kamu kuasai, kamu bisa beralih ke materi lainnya, selamat mencoba buat PDKT sama bahasa Inggris ya, eaaa. :)

3. Teman-teman komunitas masih harus memperkaya perbendaharaan kosakata bahasa Inggris supaya bisa membantunya untuk mengungkapkan pendapatnya lebih banyak, kaya akan konten, dan maknanya jelas serta terstruktur dengan baik.

Saran: Kamu bisa membaca artikel genre kosakata di blog ini, setiap minggunya saya akan selalu memperbarui artikel genre kosakata dalam bahasa Inggris, membaca artikel jenis ini tentunya bisa membuat perbendaharaan kosakata bahasa Inggrismu naik level secara bertahap. :)

Whats they got?

Rubrik "Whats they got" isinya adalah keahlian berbahasa yang sudah teman-teman komunitas kenali, pelajari, dan dapatkan. Penjelasan mudahnya sih, ini poin-poin positif perkembangan bahasa Inggris yang kamu dapatkan setelah selesai diskusi. Penasaran dengan perkembangan bahasa Inggrismu? Kepo deh, haha :). Cek perkembanganmu dengan meneruskan membaca list dibawah ini:

1. Setelah belajar, teman-teman komunitas yang menjadi peserta diskusi tahu kalimat apa yang bisa digunakan untuk mengungkapkan pendapat pribadinya, menyetujui pendapat orang lain, dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain dalam diskusi.

2. Teman-teman komunitas mendapatkan pelatihan repetisi bahasa Inggris berulang-ulang supaya mereka terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kalimat bahasa Inggris.

3. Teman-teman komunitas sudah bisa mengungkapkan pendapat dalam kalimat sederhana, dalam bahasa inggris.

Cie, udah belajar banyak ya. Hehe :)

Saya harap, tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman komunitas diskusi Ulul al-Bab Institute sebagai bahan pembelajaran materi kembali dan jadi sarana ulasan perkembangan bahasa Inggris teman-teman komunitas.

Kalau kamu, pembaca blog ini ingin ikut berkontribusi untuk teman-teman komunitas disini, kamu bisa kok mengirimkan donasi buku bahasa Inggris supaya teman-teman komunitas bisa belajar bahasa Inggris dengan nyaman dan menyenangkan, apalagi bukunya dari kamu, iya, kamu. Pasti mereka lebih semanget lagi belajarnya, kalau ada donatur buku yang kece, cakep, dan cantik kaya pembaca blog ini. :)

Kalau kamu berminat untuk menyumbangkan buku bahasa Inggris untuk teman-teman komunitas Ulul al-Bab, kamu bisa chat facebook saya melalui link ini: Agung Kharisma atau Line: manchester2018.

Bagaimana artikel ini menurutmu?