No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Mengucapkan "Do You Speak English?" Dalam Bahasa Jerman - Learn German #1

Cara Mengucapkan "Do You Speak English" Dalam Bahasa Jerman - Learn German #1
Photo credit: chris zerbes via Visualhunt / CC BY-NC-ND

Kalau kamu berniat kuliah ke jerman, walaupun para pengajar di universitas rata-rata menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah, bukan berarti semua orang jerman bisa berbahasa Inggris. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mempelajari bahasa setempat supaya mempermudah kamu untuk bisa survive dengan lingkungan barumu.

Pada artikel ini, saya akan membahas gimana sih caranya bertanya kepada orang lain: kamu bisa bahasa inggris nggak? Pertanyaan ini akan kita tanyakan ke orang-orang Jerman. Langsung saja, anggap saja kamu sedang jalan-jalan, tentu situasinya informal, jadi kalau kita sedang santai, bagimana cara bertanya pada para penduduk lokal disitu?

Pertama, kalau situasinya informal, kamu bisa menggunakan kalimat ini:

Sprichst du Englisch? - Do You Speak English? - Apakah Kamu Bisa Berbahasa Inggris?

Kedua, kalau situasinya formal, kamu bisa menggunakan kelimat ini:

Sprechen Sie Englisch? - Do You Speak English? - Apakah Kamu Bisa Berbahasa Inggris?

Ketiga, kalau ingin lebih sopan lagi, kamu bisa menambahkan kata Entschuldigen Sie yang artinya permisi. Dalam bahasa inggris kita menggunakan frasa: Excuse me. Kira-kira kalimatnya jadi seperti ini:

Entschuldigen Sie, Sprechen Sie Englisch? - Excuse Me, Do You Speak English? - Permisi, Apakah Kamu Bisa Berbahasa Inggris?

Mudah, bukan? Sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi, kamu bisa bertanya apakah mereka bisa berbahasa inggris kepada penduduk lokal dengan bahasa Jerman. Hal ini memudahkanmu, kalau mereka bisa berbahasa Inggris, mereka akan berkata seperti ini:

Ja - Yes - Ya

Kalau jawabannya iya, kamu bisa mmenggunakan bahasa Inggris, kalau mereka bisa tapi tidak lancar,  biasanya penduduk lokal akan berkata demikian:

Ein bisschen - A Little - Sedikit

Kalau mereka sama sekali tidak bisa bahasa  Inggris dan hanya bisa berbahasa Jerman, penduduk lokal akan berkata demikian:

Nein, ich spreche nicht Englisch - No, I Don't Speak English - Tidak, saya tidak bisa berbahasa Inggris.

Sekian, saya harap tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang belajar bahasa Jerman ya. Thanks for reading.

Bagaimana menurutmu?