No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

News Item Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Topik KontenTeks B.Inggris: News Item
Kategori KontenB.Inggris SMK
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarFreepik.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu definisi, tujuan, struktur dari teks news item

Bahasa Inggris memiliki berbagai jenis teks, sebelumnya saya sudah mengulasnya di konten "5 Jenis Teks Bahasa Inggris yang Harus Kamu Ketahui". Namun, di konten tersebut belum membahas teks "News Item". Mari simak penjelasan teks bahasa Inggris satu ini hingga tuntas!

Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh Teks News Item

Tertarik untuk kenal dan memahami jenis teks news item satu ini? Yuk simak penjelasannya mulai dari pengertian, tujuan, struktur, hingga contoh teksnya saya sediakan di konten ini.

1. Pengertian News Item

News Item is a text which inform the readers about event of the day. The events are considered newsworthy or important.

Penjelasan mudahnya, news item adalah teks yang memberikan informasi terbaru dan terupdate, biasanya berbentuk berita yang disajikan untuk pembaca yang bersifat penting dan layak untuk dipublikasikan.

2. Tujuan News Item

Tujuan dari teks News Item adalah memberitahu pembaca tentang kejadian terbaru hari ini yang dianggap penting untuk segera diberitahukankepada pembaca.

3. Karakteristik Teks News Item

News item memiliki karakteristiknya tersendiri yang membedakannya dengan teks bahasa Inggris lainnya. Ini dia ciri-ciri teks news item;

Characteristic of News Item Text (Karakteristik/Ciri-ciri News Item Text)
1Isi teks berfokus kepada suatu kejadian atau peristiwa penting. Misal berita bencana atau kejadian urgen lainnya
2Bahasa yang digunakan singkat namun padat
3Terkadang diawali dengan nama kota atau nama media yang menerbitkan. Misal Jakarta - ….
4Biasanya disertai gambar / ilustrasi serta judul (headline) yang mendeskripsikan inti peristiwa

4. Struktur Teks News Item

News item memiliki struktur teksnya tersendiri, totalnya ada 3 struktur, bisa kamu pelajari lewat uraian dibawah ini;

Generic Structure News Item:

Main Event/Newsworthy Event: adalah struktur pertama yang membentuk news item, struktur ini menjelaskan berita utama dalam teks, informasi penting yang dikemas dalam berita ada pada bagian ini.

Background Event/Elaboration: dalam mempelajari sebuah teks, kamu dituntut untuk lebih mendalami informasi dari sebuah berita, dalam sebuah berita, kamu bisa menggali informasi mengenai latar belakang peristiwa yang terjadi pada bagian ini, teknik yang bisa kamu gunakan adalah 5W+1H (What, who, when, where,why, dan how).

Source: struktur terakhir yang ada dalam news item, pada struktur ini biasanya berisi tentang sumber berita, kamu bisa mengenali struktur ini dengan melihat pernyataan narasumber, komentar saksi, pendapat para ahli dan letaknya ada di paragraf terakhir.

5. Contoh Teks News Item

Untuk contoh teks news item dan strukturnya bisa kamu lihat lewat teks dibawah ini;

Flooding in Jakarta

The flooding, caused by days of heavy rain at Jakarta, has blocked roads and forced businesses in the capital to close. The governor of Jakarta has declared a state of emergency. He also said he was committed to making a "breakthrough" in efforts to tackle the flooding. Jakarta resident, Wildan, urged the government to do more to stop floods in the future. "The dams are no longer sufficient to hold the water," he said.

Yayat Supriatna, an urban planning expert, told the BBC that Jakarta's drainage system "is still the same as it was in the Dutch colonial era" and should be rebuilt. "The floods are caused by the failure to manage and sustain the rivers as water reservoirs. I suggest the governor dredge the rivers because if the rivers are deeper the better [the system] will function."

The Jakarta Post said two of the people killed in the capital were children, aged 13 and two. State funds are available to help those affected by the flooding following the declaration of a state of emergency, which will remain in effect until 27 January.

Adopted from https://www.thejakartapost.com/

The Generic Structure of News Item Text

Headline: Flooding in Jakarta
Newsworthy events: Jakarta hit by deadly flooding.
Background events: The flooding kill two people and destroy public facilities.
Sources: The Jakarta Post Survey and reporter report.

Penutup

Teks news item bisa kita lihat dari bentuknya, yaitu berita. Fokus pada peristiwa penting dan aktual. Semua yang perlu kamu ketahui tentang teks news item sudah kami ulas di konten ini. Dan seperti biasa, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya.