No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Simple Past Tense - Intermediate English Grammar #2

Mengenal Simple Past Tense - Intermediate English Grammar #2
Photo credit: gioiadeantoniis via VisualHunt / CC BY-NC-ND

Kemarin, waktu yang tidak bisa kita ulangi, kenapa? Karena kemarin sudah menjadi masa lalu. Saya, kamu, dan semua orang yang hidup di dunia ini, memiliki satu hal yang sama, masa lalu. Kita bisa berada pada titik sekarang karena apa yang kita upayakan di masa lampau.

Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi ilmu tata bahasa lagi, pada sesi ini, saya ingin mengulas tentang simple past tense.

Sebagai permulaan, kita harus tahu apa itu simple past tense. Kita bahas, sama seperti tata bahasa sebelumnya, kata "simple" bermakna sederhana sedangkan "past" bermakna masa lalu. Simple past tense berarti tata bahasa yang berisi pola kalimat yang kegiatannya sudah berlalu, ada di masa lampau dan sudah terjadi.

Rumus Simple Past Tense

S + V2 + O - I wrote an article last night

Sebelumnya, kamu harus tahu terlebih dahulu kalau simple past tense itu mempunyai kata keterangan waktu, kata inilah yang akan memudahkanmu untuk mengetahui kalimat itu adalah simple past tense. Karena simple past tense membahas tentang kegiatan yang berlangsung di masa lalu, itu berarti kata keterangan waktunya pun sama, berikut ulasan kata keterangan waktunya:

  • Yesterday - kemarin
  • This morning - tadi pagi
  • Last week - minggu lalu
  • This afternoon - tadi siang
  • Last month - bulan lalu
  • This evening - tadi sore
  • Last year - tahun lalu
  • The previous day - kemarin

Oh well, kamu sudah mengetahui pengertian, rumus, dan kata keterangan waktu simple past tense, itu berarti sudah saatnya bagimu untuk belajar membuat kalimat dari simple past tense. Pola kalimat pada umumnya terdiri dari 3 jenis pola kalimat yakni:

  • kalimat pernyataan positif.
  • kalimat pernyataan negatif.
  • kalimat bentuk pertanyaan.

Pertama, kalimat jenis statement positif - Kaneki went to Tokyo yesterday.
Ulasan: pada kalimat positif ini, subjek kalimatnya adalah Kaneki, kata "went" adalah kata kerja bentuk kedua, bentuk awalnnya adalah go yang maknanya adalah pergi, Tokyo adalah objek kalimat sedangkan yesterday adalah kata keterangan waktu lampau yang menandakan kalimat ini adalah bentuk simple past tense.

Kedua, kalimat bentuk negatif - Kaneki did not go to Tokyo yesterday. 
Ulasan: pada kalimat positif, kata kerjanya, went, menggunakan bentuk ke 2 (V2) sedangkan kalimat negatif, kata kerjanya kembali ke bentuk pertama yakni go.

Ketiga, kalimat bentuk pertanyaan - Did Kaneki go to Tokyo?
Ulasan: pada kalimat tanya, kata "did" berubah posisi ke depan, kata kerjanya kembali ke bentuk awal seperti pada kalimat negatif sebelumnya.

Congratulation, saya ucapkan selamat, kamu sekarang sudah mengenal tata bahasa simlple past tense. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan pembelajar bahasa ya. :)

Bagaimana menurutmu?